PENGETAHUANKU, SEMANGATKU UNTUK BERKUMPUL

Senin, 16 Oktober 2017 Posted Administrator Cerita Perubahan

Nama saya Sagirah. Saya mengalami beberapa perubahan yang baik sebagai hasil dari Program Cahaya Perempuan WCC. Perubahan yang dianggap paling berarti dalam hidup saya adalah sekarang bisa terlibat dalam pemerintahan Desa.

Saya seorang ibu rumah tangga dari Desa Talang Lahat, Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong yang berusia 47 tahun dan mempunyai 2 orang anak (1 anak laki-laki dan 1 anak perempuan. Pada bulan April 2016 saya mengikuti program Kesehatan Permepuan Termasuk HKSR yang difasilitasi oleh Cahaya Perempuan WCC.

Tujuan program ini adalah agar perempuan memperoleh hak-haknya sebagaimana yang tercantum dalam 12 Hak Kesehatan Seksual dan Reproduksi. Dalam upaya memperoleh informasi saya mengikuti kegiatan Diskusi kritis berkala di kelompok, Pelatihan Pendampingan KtPA dan Pelatihan CU untuk penguatan ekonomi, pertemuan FKPAR dan Lokakarya FMS.

Program ini terfokus pada perempuan dan semua perempuan dari kelompok dampingan Desa Talang Lahat harus terlibat dalam proses perencanaan dan pelaksaaan program, dalam artian kelompok ini yang akan menjalankan program sedangkan Cahaya Perempuan WCC yang memfasilitasi saja.

Dari awal program saya diundang untuk ikut rapat desa yang diadakan untuk perencanaan pembentukan kelompok dampingan Cahaya Perempuan WCC Program Kesehatan Perempuan Termasuk HKSR. Selama ini saya tidak pernah ikut kelompok perempuan selain kelompok pengajian, saat itu saya malah ikut berbicara mengenai program ini. Selama ini saya ikut rapat desa tapi hanya kebagian tugas untuk konsumsi saja tidak pernah terlibat aktif dalam rapat. Sekarang saya sudah bisa memberikan pendapat dalam rapat desa dan terlibat kelompok tani dan pendapat saya dapat didengar oleh masyarakat desa. Saat ini kami tengah menuju proses Musyawarah Desa. Kelompok kami  tengah mengupayakan agar kegiatan perempuan desa pendanaannya dimasukkan dalam Anggaran Dana Desa tahun 2018, Kepala Desa sudah mencatat dan tinggal memasukkannya kedalam Anggaran Dana Desa selanjutnya.

Dari hasil diskusi dan pelatihan yang saya ikuti dari program ini saya dapat mengetahui pentingnya Kesehatan Kerempuan termasuk HKSR dan pengetahuan yang saya dapatkan saya berikan juga kepada orang lain.  Saat ini kelompok kami juga membantu pendampingan bagi perempuan dan anak Korban Kekerasan Terhadap Perempuan.

Tanggal                       : 25 September  2017

LSM Pendamping       : Cahaya Perempuan WCC

lLokasi                         : Desa Talang Lahat, Rejang Lebong

 

Pencerita

Pencerita                     : Sagirah

Umur                           : 47 Tahun

Pekerjaan                    : Petani

Jenis Kelamin               : Perempuan

 

Penulis

Nama                           : Nella Nofrita

Nama  Lembaga          : Cahaya Perempuan WCC

Posisi                            : Staf Lapang

Jenis Kelamin               : Perempuan

Bagikan Halaman Ini

Video

Video Lainnya


Recent Posts

Weblink